Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE yang Penting untuk Dipahami

 HKEY_LOCAL_MACHINE




Cableeat - Pernah mendengar tentang HKEY_LOCAL_MACHINE sebelumnya? Mari pahami kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE yang akan dijelaskan lengkap di sini.

Windows memiliki fitur registry editor atau lebih dikenal dengan sebutan regedit. Di dalamnya regedit terdapat beberapa hive registry dan salah satunya adalah HKEY_LOCAL_MACHINE. Karena sering dipakai, sebaiknya pahami kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE yang ada di regedit Windows.

Untuk memahami HKEY_LOCAL_MACHINE serta kegunaannya, sebaiknya pahami dulu Windows Registry dan cara kerjanya. Mari simak penjelasan mengenai Windows Registry dan HKEY_LOCAL_MACHINE pada artikel berikut ini.

Mengenal Windows Registry Editor

Windows Registry Editor atau regedit merupakan tools di Windows yang berguna untuk melihat serta mengedit registry pada sistem untuk kebutuhan tertentu. Pengguna memiliki kemungkinan untuk mendesain atau mengedit informasi pada sistem operasi.

Di dalam regedit terdapat beberapa hive registry yang di dalamnya mencakup key, subkey, serta value. Hive akan diload atau dimuat ketika pengguna login ke komputer.

Secara umum, beberapa fungsi Registry Editor dapat dilihat di bawah ini.

      Membuat, mengedit, mengubah nama, dan menghapus key, subkey, value, serta data value registry

      Ekspor dan impor file REG

      Menandai key registry sebagai favorit

      Menemukan string tertentu pada registry

      Mengedit registry pada komputer lain secara remote

Kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE

HKEY_LOCAL_MACHINE bukan merupakan symbolic link yang mengacu pada registry key tertentu. Secara umum, fungsinya adalah menyimpan dan melakukan konfigurasi mesin pada komputer bersangkutan dan berlaku bagi semua pengguna.

Di dalam hive HKEY_LOCAL_MACHINE terdapat beberapa sub yang memiliki kegunaan masing-masing. Untuk mengetahui kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE dan setiap subnya, simak penjelasan yang diberikan di bawah ini.

1. HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE

Fungsi dari folder Software di HKEY_LOCAL_MACHINE pada dasarnya berguna untuk mengonfigurasikan atau mengatur seluruh pengguna yang pernah melakukan log in pada sebuah PC.

Hive ini akan menyimpan seluruh software yang diinstall dalam PC. Konfigurasi tersebut akan berlaku untuk seluruh pengguna, baik yang login secara interaktif maupun remote. Pengguna yang login secara remote dapat melalui terminal service logon, batch logon, maupun service logon.

2. HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM

Sub yang kedua dari HKEY_LOCAL_MACHINE adalah System. Sub folder yang satu ini berfungsi untuk menyimpan seluruh konfigurasi serta informasi mengenai sistem Windows yang saat ini tengah berjalan di PC.

Di dalam folder ini terdapat LastKnownGood Configuration yang fungsinya kurang lebih sebagai recovery point. Jika sistem mengalami masalah saat booting Windows, maka konfigurasi ini yang akan dipakai untuk menanganinya.

Selain recover poin, di sini  juga terdapat berbagai hal penting lainnya seperti drive dan Windows services seperti TCP/IP dan NTFS.

3. HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM

Kegunaan dari SAM yang terdapat di dalam HKEY_LOCAL_MACHINE adalah menyimpan database dari akun-akun pengguna yang terdapat di dalam Windows. Seperti yang sudah diketahui, Windows bisa saja memungkinkan pengguna memiliki beberapa akun berbeda di satu PC.

SAM adalah kepanjangan dari Security Accounts Manager. Folder ini sebenarnya tidak dapat diakses secara default, bahkan administrator juga tidak memiliki hak untuk ini.

4. HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE

Kalau folder Software berguna untuk menyimpan seluruh konfigurasi perangkat lunak, folder Hardware berfungsi untuk menyimpan konfigurasi perangkat keras.

Contoh konfigurasi hardware yang tersimpan di sub ini antara lain konfigurasi DMA, interupsi perangkat keras, serta konfigurasi lain yang masih berhubungan dengan perangkat keras.

5. HKEY_LOCAL_MACHINE\SECURITY

Folder atau sub terakhir dari HKEY_LOCAL_MACHINE adalah Security. Seperti namanya, di sini tersimpan seluruh konfigurasi dari protokol keamanan yang digunakan di Windows.

Bisa disimpulkan bahwa kegunaan pada HKEY_LOCAL_MACHINE adalah menyimpan konfigurasi yang berkaitan dengan mesin (komputer) secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya konfigurasi software, hardware, system, SAM, dan security.