Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Melakukan Kebersihan PC yang Benar

5 Langkah Melakukan Kebersihan PC yang Benar
Cableeat - Ini dia langkah melakukan kebersihan PC yang baik dan benar untuk menjaga kebersihan serta memastikannya tetap berfungsi secara maksimal. Personal computer (PC) yang kotor akan menurun kinerjanya. Debu yang menumpuk juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen. Oleh karena itu, pemilik PC perlu memahami langkah-langkah melakukan kebersihan PC yang benar. Tidak hanya sampah pada sistem komputer yang harus dibersihkan untuk menjaga kinerjanya. Debu dan kotoran yang menempel di bagian hardware juga harus selalu dibersihkan. 
 
Langkah-langkah Melakukan Kebersihan PC 
Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membersihkan PC dengan benar. 

1. Usap Perlahan Bagian Layar 

Bagian paling awal yang bisa dibersihkan adalah layar. Untuk membersihkan bagian ini, gunakan kain berbahan microfiber. Kain jenis ini tidak akan menimbulkan goresan pada layar. Hindari menggunakan tisu atau kain berbahan kasar untuk membersihkan layar PC atau laptop. Bahan seperti ini selain bisa menimbulkan goresan juga akan meninggalkan serat halus di layar. Meskipun sudah menggunakan kain microfiber, sebaiknya usap layar secara perlahan untuk membersihkannya. 

2. Pakai Alat Pembersih Debu 

Untuk membersihkan debu yang menempel di PC, gunakan vacuum cleaner khusus elektronik. Sebaiknya jangan gunakan hair dryer karena akan mendorong debu semakin masuk ke dalam komponen. Jika tidak memiliki vacuum cleaner khusus, gunakan kemoceng untuk membersihkan debu dari PC. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak. 

3. Gunakan Cairan Khusus

Debu-debu yang membandel mungkin tidak hilang setelah dibersihkan menggunakan kemoceng atau vacuum cleaner. Untuk membersihkan debu seperti ini, gunakan cairan khusus pembersih komputer. Berikut ini adalah panduan membersihkan komputer menggunakan cairan khusus. 
  1. Tuangkan cairan pembersih pada kain microfiber.
  2. Kemudian gunakan kain tersebut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di PC.
  3. Usap secara perlahan sampai PC bersih dari kotoran.
  4. Jangan menggunakan cairan untuk membersihkan komponen seperti motherboard dan bagian kelistrikan lainnya.
  5. Pastikan PC sudah benar-benar kering dari cairan pembersih sebelum menyalakannya kembali. 
 
4. Bersihkan secara Menyeluruh

Dalam membersihkan PC atau komputer, lakukan secara menyeluruh. Hal ini harus dilakukan agar tidak ada bagian yang terlewat dan PC menjadi lebih maksimal. Perhatikan sela-sela dan seluruh lubang atau port di PC. Namun perlu diperhatikan bahwa membersihkan PC tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jangan pakai cairan yang sifatnya keras seperti alkohol dan cairan lain yang punya sifat asam. Cairan seperti ini bisa membuat PC terkikis, korosi, bahkan rusak sehingga fungsinya tidak maksimal. 

5. Membersihkan Komputer dari Goresan 

Goresan biasanya muncul pada PC yang sudah digunakan selama beberapa waktu. Ini juga harus dibersihkan agar PC terlihat bersih dan kembali. Cara membersihkan noda gores di PC cukup mudah. Kamu bisa menggunakan pasta gigi yang sudah pasti ada di setiap rumah. Namun ada yang harus diperhatikan. Jangan gunakan pasta gigi yang mengandung pemutih maupun berbentuk gel. Pasalnya, jenis pasta gigi seperti kurang efektif untuk membersihkan goresan. Selain itu, pemutih pada pasta gigi juga bisa menyebabkan kerusakan. Aplikasikan pasta gigi secara langsung ke permukaan yang tergores. Kemudian gunakan lap microfiber untuk menggosok-gosok goresan hingga memudar. Setelah itu, bersihkan permukaan PC dari sisa-sisa pasta gigi. 

6. Bersihkan Kotoran di Keyboard dan Mouse

Langkah berikutnya dalam melakukan kebersihan PC adalah membersihkan bagian keyboard dan mouse. Keyboard merupakan salah satu komponen yang rawan berdebu. Untuk membersihkan debu, kamu bisa melepaskan tombol keyboard satu per satu, kemudian membersihkan bagian dasarnya dari debu. Untuk mouse, kamu bisa membersihkannya menggunakan lap microfiber. Langkah melakukan kebersihan PC di atas sebaiknya diagendakan secara rutin. Misalnya 1 minggu atau 1 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar PC tetap terjaga kebersihannya dan berfungsi maksimal.