Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengenal Perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM, Jangan Sampai Salah!

Perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM

Cableeat Mari mengenal perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM dengan membaca penjelasan lengkap berikut ini. Jangan sampai kamu salah memilih, ya.

 

RAM telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai dari DDR 1 hingga DDR 3. Setiap generasi memiliki ciri khas tersendiri. Mari mengenal perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM dengan membaca penjelasan lengkap pada artikel.

Komponen RAM selalu digunakan dalam PC maupun laptop. Fungsi Random Access Memory atau RAM antara lain menyimpan data secara sementara atau temporer, membantu mengoperasikan software, dan membantu dalam proses multitasking.

Mengenal Perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM

Ada 3 hal mendasar yang menjadi pembeda antara RAM DDR 1, 2, dan 3. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan tersebut, sebaiknya langsung simak penjelasannya berikut ini.

1. Kemasan

Saat membeli sebuah RAM yang baru, tentu ada kemasan yang membungkusnya. Di bagian kemasan tersebut terdapat keterangan yang menginformasikan tentang jenis RAM yang terdapat di dalamnya.

Sebelum memutuskan untuk membeli RAM, sebaiknya baca dengan teliti bagian kemasannya. Jangan sampai salah memilih produk komponen ini karena bisa berpengaruh terhadap performa laptop atau PC.

2. Kondisi Fisiknya

Secara fisik, RAM DDR 1, DDR 2, dan DDR memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan ini terletak pada lokasi soketnya, yaitu bagian yang sedikit menjorok ke dalam di bagian tepi kepingan RAM. Berikut ini adalah detail perbedaan soket antara ketiga RAM tersebut.

  • RAM DDR 1 memiliki soket tepat di bagian tengah kepingan memory.
  • RAM DDR 2 memiliki soket yang juga terletak di bagian tengah, namun posisinya agak ke kiri kalau dibandingkan dengan soket pada DDR 1.
  • RAM DDR 3 memiliki letak soket yang paling berbeda. Soket pada RAM jenis ini terdapat di bagian kiri dan jauh dari bagian tengah kepingan.

3. Kecepatan Baca Tulis Data

Dalam mengenal perbedaan RAM DDR 1, 2, dan 3 pada RAM, akan lebih lengkap jika mengetahui perbedaan clock atau kecepatan baca/tulis datanya. Ternyata ketiga jenis RAM ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan detailnya bisa dilihat di bawah ini.

 

Jenis RAM

Seri

Kecepatan

DDR 1

PC100

266 MHz

 

PC2700

333 MHz

 

PC3200

400 MHz

DDR 2

PC4200

533 MHz

 

PC5300

667 MHz

 

PC6400

800 MHz

DDR 3

-

400 - 1066 MHz

Semakin tinggi clock speed yang dimiliki oleh RAM, artinya bisa semakin cepat saat memproses aplikasi di dalam komputer.

DDR 4 dan 5 yang Lebih Baru

RAM jenis DDR 1 hingga 3 terbilang sudah masuk generasi lawas. Saat ini, laptop dan PC sudah menggunakan DDR, 4, 5, dan 6 yang memang generasi lebih baru. Mari berkenalan dengan 3 generasi terbaru tersebut di bawah ini.

1. DDR 4

RAM jenis ini adalah yang terbaik pada era 2018-2019. Kecepatan baca/tulis datanya bervariasi antara 1066 hingga 2133 MHz. Meski begitu, konsumsi datanya cukup rendah, yaitu 1.2 Volt saja.

Lokasi soket DDR 4 semakin ke tengah, seolah kembali ke era DDR 2. Namun letaknya masih sedikit ke kanan.

2. DDR 5

DDR 5 jauh lebih hemat jika dilihat dari konsumsi daya, yaitu 1.1 Volt. Selain itu, clock speednya juga lebih tinggi, antara 1600 hingga 3200 MHz. Secara fisik, letak soket pada RAM DDR 5 terletak tepat di tengah kepingan RAM, hampir sama dengan DDR 1 yang sudah dibahas sebelumnya.

Dari penjelasan di atas, kamu tentu sudah mengenal perbedaan DDR 1, 2 dan 3 pada RAM secara lengkap. Jika ingin yang lebih cepat dan lebih baru, bisa memilih DDR 4 atau DDR 5.