Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Kegunaan HDDScan, Aplikasi Penyelamat Hard Disk

Kegunaan HDDScan


CableeatSudah tahu tentang aplikasi HDDScan sebelumnya? Mari kenali dan pahami kegunaan HDDScan dengan membaca artikel ini. Klik sekarang!

 

HDDScan merupakan salah satu aplikasi tool yang cukup terkenal di zaman kejayaan HDD. Meski sekarang sudah banyak laptop dan PC yang menggunakan SSD, tapi tidak ada salahnya untuk mengenal dan memahami kegunaan HDDScan.

Memahami cara penggunaan aplikasi ini akan membantu pengguna PC untuk menyelamatkan hard disk yang bad sector. Jika ada data yang hilang dari HDD, pengguna dapat memulihkannya menggunakan aplikasi satu ini.

Mengenal Aplikasi HDDScan

Perlu dipahami bahwa hard drive akan mengalami degradasi seiring dengan berjalannya waktu. Kesehatannya akan menurun jika digunakan dalam waktu lama. Untuk menghindari kehilangan data saat terjadi kerusakan, sebaiknya pengguna melakukan testing secara teratur.

HDDScan merupakan salah satu jenis tool aplikasi yang ada di Windows. Aplikasi ini merupakan jenis portable sehingga pengguna tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Tujuan pengembang aplikasi ini adalah memudahkan pengguna melakukan berbagai tes untuk hard drive internal dan eksternal. Seiring dengan berjalannya waktu dan update yang terus dilakukan, HDDScan tidak hanya bisa dipakai untuk HDD, tapi bisa juga untuk mengetes SSD.

Tidak hanya sampai di situ, pengguna juga bisa memakai aplikasi ini untuk melakukan pengetesan pada USB drive alias flash disk. Dengan melakukan scanning menggunakan aplikasi satu ini, kesehatan setiap hard drive penyimpanan bisa diketahui. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dihadirkan oleh aplikasi HDDScan:

  • Informasi dan data detail dari disk
  • Pengujian permukaan hard drive menggunakan berbagai teknik berbeda
  • Melihat atribut SMART atau pendeteksian mandiri untuk mengetahui kondisi secara umum dari sebuah drive
  • Menentukan atau mengubah tingkat noise level atau AAM, APM, dan PM
  • Menampilkan indikator suhu hard drives di taskbar yang memungkinkan monitoring secara terus menerus.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, tinggal download saja file executablenya yang langsung bisa diluncurkan.

Kegunaan HDDScan

Kalau di atas sudah dijelaskan tentang gambaran umum dari HDDScan, di bawah ini akan dijelaskan tentang kegunaannya secara lengkap.

1. HDD Testing

Terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih pengguna untuk melakukan pengetesan HDD. Pengetesan ini lebih fokus pada bagian permukaannya. Berikut ini adalah beberapa opsi HDD testing yang tersedia:

  • Membaca data tanpa mentransfernya, ini dilakukan untuk mengecek kecepatan HDD dalam membaca atau read data
  • Mengecek kecepatan pembacaan data dengan transmisi
  • Menguji data blok yang dituliskan (write) ke drive, waktu write data akan direkam dan dicek
  • Butterfly rea, yaitu prosedur yang kurang lebih sama seperti read operation. Namun pengecekan ini menggunakan sequence yang berbeda, umumnya dimulai dari first block, lanjut ke last, second, penultimate, dan seterusnya.

Saat akan melakukan pengecekan atau pengetesan, pengguna bisa memilih salah satu dari mode yang sudah disebutkan di atas.

2. SMART Offline Test

Fungsi pengetesan yang satu ini juga terdiri dari beberapa opsi, yaitu short test, extended test, dan conveyance test. Masing-masing membutuhkan waktu yang berbeda dan tingkat ketelitian dalam pengecekannya juga berbeda.

3. Memulihkan HDD yang Bad Sector

Bad sector merupakan kondisi di mana sebagian sektor dari sebuah hard disk mengalami kerusakan. Ini membuat sebagian data tidak bisa diakses sama sekali. Untuk mengakses kembali data yang hilang atau rusak, pengguna bisa melakukan pemulihan menggunakan aplikasi HDDScan.

Aplikasi yang satu ini memberikan banyak benefit untuk para pengguna komputer. Pasalnya, kegunaan HDDScan cukup banyak, mulai dari mengetes kesehatan hard disk sampai memulihkannya dari kondisi bad sector. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk mempelajarinya.