Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan URL: Pengertian, Fungsi, dan Bagian-bagiannya

Penjelasan URL




Cableeat Apa itu URL dan fungsinya dalam sebuah website? Simak penjelasan URL berikut ini untuk mendapatkan jawaban lebih lengkapnya.

Ada satu unsur penting dari sebuah website yang sering dikunjungi di internet. Unsur tersebut adalah URL Pada kesempatan kali ini akan diberikan penjelasan URL, mulai dari pengertian, fungsi, hingga bagian-bagiannya.

Agar mendapatkan informasi secara lebih lengkap, sebaiknya simak penjelasan pada artikel ini dari awal sampai ke bagian akhir.

Penjelasan URL Adalah

Mari mulai pembahasan kali ini dengan mengetahui pengertian URL. URL adalah kependekan atau singkatan dari Uniform Resource Locator.

Pengertiannya adalah serangkaian karakter dengan format khusus yang berfungsi untuk membawa pengguna menuju ke website tertentu.

Saat akan menuju ke sebuah website, pengguna akan diminta mengetikkan alamat pada address bar browser. Misalnya ingin membuka halaman Facebook, maka pengguna harus mengetikkan https://facebook.com. Inilah yang disebut dengan URL.

Kalau dilihat sekilas, URL memang hampir serupa dengan domain. Lalu, apakah yang membedakan di anatra keduanya? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaannya.

Fungsi URL

Untuk mengetahui fungsi URL dengan lebih lengkap, mari ibaratkan website adalah sebuah rumah. Untuk menuju ke sebuah rumah, seseorang membutuhkan alamat yang jelas. Di dunia internet, alamat untuk menuju ke rumah tersebut disebut dengan URL.

Domain merupakan bagian dari alamat tersebut. Domain menunjukkan siapa yang memiliki rumah tersebut atau menunjukkan nomor rumah dari suatu website. Namun domain masih belum cukup menjelaskan alamat atau petunjuk lengkap mengenai lokasi website.

URL tidak sama dengan domain dan domain sendiri merupakan salah satu bagian penting dari sebuah URL. Pada dasarnya, alamat sebuah website berupa IP address, yaitu kumpulan-kumpulan angka.

Bagian-bagian dari URL

Di dalam sebuah URL terdapat 5 bagian atau unsur yang menjadi penyusunnya.

1. Scheme

Scheme merupakan bagian dari URL yang berada di bagian paling depan. Bagian ini menunjukkan hal atau fungsi spesifik yang bisa dilakukan pengguna dalam sebuah website.

Contohnya adalah pada URL berikut:

https://www.inicumacontoh.com/contoh-URL

Saat ini, scheme yang paling banyak dipakai oleh website adalah Hypertext Transfer Protocol Secure atau HTTPS.

Fungsi dari protokol ini adalah mengenkripsi seluruh data yang dikirim oleh pengguna ke server website. Selain HTTPS, scheme yang masih dipakai sebagian website sampai saat ini adalah HTTP.

2. Subdomain

Bagian selanjutnya adalah subdomain yang menggambarkan “anak” dari domain utama. Subdomain biasanya dipakai untuk testing maupun staging pada sebuah website. Contoh subdomain bisa dilihat di bawah ini.

https://cobain.inicumacontoh.com/index

Dari contoh yang diberikan di atas, subdomain ditunjukkan pada “cobain” yang letaknya ada di bagian depan nama domain utama.

3. Second Level Domain

Second level domain atau biasa disebut dengan SLD merupakan nama alias dari sebuah domain atau website. Bagian ini bisa dijadikan sebagai branding. Contoh SLD ditunjukkan pada URL di bawah ini.

https://www.inicumacontoh.com/index

4. Top Level Domain

Pada posisi berikutnya terdapat unsur yang disebut top level domain. Jenis TLD yang paling banyak digunakan di Indonesia antara lain .com, .id, dan .co.id. Fungsi dari TLD adalah menunjukkan jenis organisasi pemilik website dan/atau basis negaranya.

Di bawah ini adalah URL yang menggunakan TLD .com.

https://www.inicumacontoh.com/index

5. Subdirectory

Bagian terakhir dari sebuah URL adalah subdirectory yang memungkinkan pengguna mengetahui halaman website secara spesifik. Jika diibaratkan dengan rumah, subdirectory menjelaskan letak dari sebuah kamar di rumah tersebut.

Berikut ini adalah contoh subdirectory dari URL.

https://cobain.inicumacontoh.com/index

Di atas sudah diberikan penjelasan URL secara lengkap. Unsur ini sangat penting bagi pengguna untuk mengunjungi website.