Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Macam Kabel Jaringan LAN dan Fungsinya

 Kabel Jaringan LAN




CableeatKenali 5 macam macam kabel jaringan LAN yang sering digunakan. Masing-masing jenisnya memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

 

Dalam membangun jaringan, kabel LAN merupakan salah satu komponen yang paling krusial. Ada macam-macam kabel jaringan LAN dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk memahami perbedaan jenis kabel beserta fungsinya, sebaiknya simak artikel berikut ini sampai akhir.

LAN sendiri merupakan kependekan dari Local Area Network. Ini merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai perangkat dalam satu jaringan lokal. Untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut, digunakanlah kabel LAN.

Macam Macam Kabel Jaringan LAN

Terdapat 4 jenis kabel yang biasanya dipakai untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan LAN. Di bawah ini akan dijelaskan tentang pengertian, ciri-ciri, dan fungsinya.

1. Kabel Coaxial

Jenis kabel pertama ini menggunakan dua jenis penghantar. Di bagian intinya menggunakan material tembaga. Kemudian bagian inti tersebut dilapisi dengan material isolator yang digulung bersamaan dengan kabel fiber.

Kabel fiber umumnya terbuat dari material aluminium. Tapi tidak jarang juga yang memakai material tembaga. Isolator yang dipakai di dalam kabel coaxial ini biasanya berbahan plastik yang elastis.

Bahan ini lebih tahan air dan lebih tahan terhadap perubahan suhu udara serta cuaca. Itulah kenapa kabel coaxial juga sering dipakai untuk menghubungkan televisi dengan antenanya.

Kecepatan internet menggunakan kabel coaxial stabil di angka 10 Mbps. Ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jenis kabel tersebut.

Tidak heran jika harganya lebih tinggi dibandingkan dengan kabel LAN lainnya. Namun tidak lebih tinggi dari harga kabel fiber optik tentunya.

2. Kabel STP

Shielded Twisted Pair atau lebih sering disebut dengan STP merupakan jenis kabel yang mempunyai pelindung berupa logam di bagian dalamnya. Pelindung ini berupa jaket foil yang berguna untuk menghalau gangguan elektromagnetik dari arah luar.

Di dalam kabel STP terdapat 4 buah lilitan kabel yang masing-masing dilindungi oleh jaket foil tersebut. Setiap lilitan kabel tersebut terdiri dari 2 buah kabel tembaga. Jadi, total terdapat 8 kabel tembaga di dalam STP.

Kabel ini juga dilindungi dengan lapisan fiber sehingga tidak mudah putus maupun rusak. Oleh karena itu, STP lebih sering dipakai untuk kebutuhan outdoor.

3. Kabel FTP

Jenis kabel FTP ini hampir sama seperti STP. Bedanya adalah pada lapisan foil yang membungkusnya. Kabel FTP memiliki lapisan aluminium foil yang membungkus seluruh bagian luar lilitan kabel.

Karena lapisan tersebut, jenis kabel ini disebut sebagai Foiled Twisted Pair atau FTP. Fungsi dari lapisan foil tersebut adalah menahan interferensi gelombang elektromagnetik yang mungkin datang dari luar.

Kabel jenis ini memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan STP. Hal inilah yang membuat harganya menjadi lebih mahal.

4. Kabel UTP

Jika ingin membangun jaringan LAN dengan biaya yang murah, kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) kerap dijadikan sebagai opsi.

Di dalam kabel ini terdapat 4 pasang kabel yang tidak dilindungi oleh lapisan apa pun. Untuk kecepatan yang bisa dihantarkan menggunakan kabel ini beragam, mulai dari 10 Mbps hingga 10 Gbps. Sementara untuk jangkauannya sendiri tidak bisa lebih dari 100 meter.

5. Kabel Serat Optik

Di urutan terakhir dalam pembahasan macam macam kabel jaringan LAN adalah fiber optic. Instalasi kabel ini terbilang paling rumit di antara semuanya. Harganya juga paling tinggi, sebanding dengan kualitas dan kecepatan yang diberikan.

Kabel ini terbuat dari serat kaca yang sangat tipis dan menghantarkan sinyal berupa cahaya. Kecepatan transfer data yang bisa dihantarkan oleh kabel ini adalah mencapai 100 Gbps. Selain itu, jangkauannya juga bisa sampai ribuan kilometer.

Dari penjelasan yang sudah diberikan di atas bisa disimpulkan bahwa ada 5 macam macam kabel jaringan LAN. Fungsinya sama, yaitu untuk mentransfer data. Namun kemampuannya, kecepatan transfer data, dan jangkauannya berbeda-beda.